BlogTeknologi

Keuntungan Teknologi Dalam Faktor Bisnis

×

Keuntungan Teknologi Dalam Faktor Bisnis

Sebarkan artikel ini
perkembangan teknologi dalam faktor bisnis thumbnail

Keuntungan Teknologi Dalam Faktor Bisnis mempengaruhi perkembangan zaman yang kini sudah memasuki era digital, dimana para pengusaha sudah melek tentang teknologi berupa internet untuk menyebarkan bisnis nya. Tidak sedikit para pengusaha yang sudah memanfaatkan teknologi internet ini agar produknya di kenal banyak orang, oleh karena itu juga memudahkan para pebisnis untuk menarik para pelanggan.

Adapun beberapa survey yang dilakukan untuk mengetahui seberapa mudah para pelanggan dalam bertransaksi menggunakan teknologi seperti kris atau qris, para pelanggan juga senang menggunakan nya karena tidak perlu lagi mendapatkan kembalian, dan juga dari segi si penjual juga tidak perlu memberi kembalian.

Dengan adanya teknologi yang sekarang ini, kita sebagai masyarakat merasa terbantu dengan beberapa perkembangan yang signifikan seperti tidak perlu lagi berjalan ke ojek pengkolan untuk naik ojek, tidak perlu lagi pesan makanan dengan datang ke offline store, dan lebih simpel nya lagi bisa memesan tiket pesawat, hotel, kereta untuk liburan hanya dengan ketukan jari.

Namun adapun beberapa manfaat teknologi dalam bidang bisnis yang nanti nya akan kita bahas, nah untuk kalian yang ingin memulai bisnis dan masih belum tahu teknologi mempunyai banyak keuntungan, simak penjelasan berikut tentang keuntungan teknologi dalam bidang bisnis. Baca juga : Pengertian Teknologi Menurut Ahli

Keuntungan Teknologi Dalam Faktor Bisnis

Perlu di sadari, kini teknologi sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Tidak heran kini para kalangan sudah mengerti tentang gadget, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa sekalipun. Karena semua kalangan sudah pada melek teknologi, mudah bagi para pebisnis menarik pelanggan nya tinggal menyesuaikan produk sesuai umur.

Lantas apakah bisa teknologi membantu kita mengembangkan bisnis? Jawaban nya tentu saja bisa, tapi tidak semudah membalikan telapak tangan ya. Saat ini yang teknologi sudah lebih mudah di jangkau, maka dari itu saingan kita pun juga semakin ketat dalam berbisnis. Cara terbaik untuk tetap bisa bertahan dan berkembang agar tidak tersingkirkan dengan memanfaatkan teknologi.

Banyak sekali ilmu-ilmu yang sekarang di sebut digital marketing, kalian bisa mempelajarinya sendiri apa itu digital marketing. Memakai teknik pemasaran digital ini bukan hanya bisnis anda yang tetap bisa bersaing, tetapi tidak juga mampu mempertahankan serta berkembang melawan para kompetitor.

Lalu seberapa ampuh ilmu-ilmu teknologi dalam perkembangan bisnis? Berikut penjelasan mengenai keuntungan teknologi dalam bidang bisnis. Baca juga : Manfaat Teknologi Dari Segi Perbankan

Menggunakan Teknologi Dalam Bidang Bisnis, Berikut Point Penting nya

Masih banyak para pebisnis masih menggunakan cara tradisional, apakah cara tradisional dalam bidang bisnis salah? Tentu saja tidak, tetapi tidak efektif untuk memperkenalkan produk kita ke customer. Maka dari itu kita akan memperkenalkan betapa penting nya teknologi dalam bidang bisnis yang akan kita bangun atau kembangkan.

Memperkenalkan produk menggunakan daring juga sangat efektif untuk menarik pelanggan, sebagai pebisnis di zaman yang serba teknologi tidak bisa hanya menawarkan produk ke orang lewat. Kita juga harus melek tentang teknologi untuk menaikan penjualan dan memperkenalkan nya.

Setidaknya ada 500% merk brand yang sudah menggunakan teknik digital marketing untuk menaikan dan memperkenalkan produknya, dengan contoh ini saja kita sudah bisa menarik kesimpulan bahwa dengan adanya bantuan teknologi untuk bidang bisnis sangat berbeda jauh ketimbang menggunakan cara tradisional.

Point penting yang bisa kita ambil yaitu jangan terlalu gagal teknologi untuk masalah bisnis di era sekarang ini. Mudah bagi kompetitor untuk menggeser kita kalau saja tidak paham teknologi dan tidak mengikuti pasar, sebagai pebisnis juga harus selalu meneliti pasar agar dapat terus eksis.

Berikut beberapa cara untuk memperkenalkan brand ataupun produk kalian, simak penjelasan nya berikut ini. Baca juga : Fungsi Teknologi Dalam Faktor Pendidikan

Via Website

Website bisa menjadi pilihan pertama untuk mempromosikan brand kalian, dengan menggunakan website para pelanggan bisa dengan mudah mengakses nya.

Jangan mengira bahwa membuat website merupakan cara yang sulit untuk dilakukan, justru ada banyak sekali para penyedia jasa pembuatan wesbite. Kalian bisa mencari di google ada banyak sekali website development yang bagus dari segi tampilan, responsif dan ramah pengguna.

Sehingga hanya perlu menambahkan gambar serta deskripsi pada katalog brand kalian saja, tidak perlu coding yang begitu rumit. Dengan begitu kalian sudah memiliki website resmi sendiri yang bisa di akses oleh semua orang.

Via Sosial Media

Berbeda dengan website, sosial media juga kerap menjadi pilihan pertama untuk memperkenalkan produk. Selain mudah untuk menarik pelanggan sosial media juga banyak digunakan, sehingga mempromosikan brand melalu sosial media jauh lebih cepat.

Justru kini sosial media merupakan platform beriklan paling mudah mendapatkan Engagement, contoh nya seperti Instagram, Youtube, Facebook, Twitter, WhatsApp, Tiktok.

Tidak heran ketika kita sedang berselancar di sosial media medapati beberapa iklan, entah dalam bentuk video, foto, ataupun lagu. Nah itu bentuk iklan yang bisa kalian coba untuk mempromosikan brand via sosial media, cara nya pun sangat mudah bahkan ada menu nya sendiri untuk kita sebagai pengiklan.

Via Content Marketing

Content Marketing tidak semua orang bisa melalui cara ini untuk memperkenalkan produknya, akan tetapi cara ini bisa sekali kalian pelajari. Konsep dari content marketing ini yaitu membuat suatu tulisan atau video dengan menawarkan beberapa produk yang nantinya akan di jual.

untuk langkah ini kalian harus pintar-pintar membuat konten yang menarik, setidaknya konten kita memicut orang untuk melihat katolog brand. Dengan begitu calon pelanggan kita bisa melihat-lihat barang yang nantinya akan di beli dan juga harus sedikit menguasai SEO.

Via Search Engine

Cara ini merupakan cara lanjutan dari content marketing, dimana ketika kalian sudah bisa membuat konten yang menarik tetapi masih belum mendapatkan pengunjung untuk calon pembeli gunakan SEO ( Search Engine Optimization ).

Singkat nya ketika pelanggan mengetikan keyword ( kata kunci ) maka website jualan kalian yang akan berada di top pencarian, sehingga pelanggan bisa langsung mengakses website tersebut dan menemukan apa yang dia cari.

Adapun langkah-langkah untuk wesbite kita berada di page one bisa di pelajari sendiri, sudah banyak yang membuat nya di google.

Via Search Engine Marketing

Berbeda dengan cara sebelumnya yang kita harus sedikit menguasai teknik SEO, kalau di cara ini kalian tidak perlu teknik itu.

Cukup mengeluarkan beberapa biaya yang lebih tinggi untuk beriklan pada platform penyedia, sebenarnya ini termasuk teknik marketing via sosial media. Karena kita akan beriklan ( ads ) melalu sosial media seperti Google, Instagram, Facebook, Tiktok.

Akan tetapi cara ini cenderung lebih cepat mendapatkan pelanggan, sebab algoritma dari penyedia jasa memungkinkan produk iklan kita berada di halaman teratas atau target sosial media yang sesuai pasar.

Via E-commerce

Langkah terkahir yang bisa kalian lakukan untuk memperkenalkan produk dengan mudah dan cepat yaitu dengan mendaftar e-commerce. Dengan ini kalian hanya perlu foto produk sebagus mungkin, menaruh deskripsi dan pastinya harga. Adapun Contoh dari e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, BukaLapak.

Penutup

Seperti itu lah pembahasan mengenai Keuntungan Teknologi Dalam Faktor Bisnis, setidak nya ada 6 cara keuntungan teknologi dalam bidang bisnis. Begitu besar peran teknologi untuk menaikan bisnis, jadi tunggu apalagi untuk perubahan digital ini, jangan sampai telat untuk menentukan tipe bisnis dan juga pintar-pintar cari kompetitor.

Semoga setelah membaca keuntungan teknologi dalam bisnis ini, kalian sudah paham betapa berguna nya teknologi untuk menunjang bisnis. Baca juga : Pentingnya Teknologi Dalam Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *