BlogTeknologi

Pentingnya Teknologi Dalam Kesehatan

×

Pentingnya Teknologi Dalam Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Manfaat Teknologi Dalam Bidang Kesehatan

Manfaat Teknologi Dalam Bidang Kesehatan – Mungkin dari kita sudah pada mengenal teknologi, banyak penerapan teknologi mulai dari pendidikan sampai kesehatan. Kali ini kita akan membahas manfaat apa yang di hasilkan teknologi untuk sektor kesehatan.

Sebelum masuk ke pembahasan nya mari kita mengenal apa itu teknologi, teknologi adalah media yang di hasilkan oleh pengembang untuk mempersingkat dan memudahkan pekerjaan manusia. Munculnya teknologi menjadi ancaman bagi umat manusia, seperti contonya pekerjaan yang hilang akibat di gantikan oleh teknologi.

Akan tetapi teknologi juga membantu dari sektor kesehatan, seperti yang di umumkan oleh Kementerian Kesehatan bahwa masuknya teknologi membantu Management Kesehatan untuk lebih mudah mendata setiap pasien yang datang dan cepat dalam tindakan.

Selain itu juga sudah berhasil menyelamatkan nyawa seseorang, menaikan tingkat kehidupan manusia. Kini teknologi yang di gunakan juga sangat canggih, seperti pengobatan / konsultasi jarak jauh dengan menggunakan telemedicine, teleradiology.

Pengembang juga sudah menyiapkan aplikasi untuk masyarakat agar menceritakan keluhan nya, lalu sang dokter akan menganalisa serta memberi obat. Maju nya teknologi membuat kita tidak perlu ke rumah sakit hanya untuk konsultasi, cukup menggunakan aplikasi saja.

Akan tetapi tidak semua bisa di lakukan dengan aplikasi, hanya penyakit-penyakit yang umum dan ringan saja. Apabila ada keluhan yang tidak biasa, alangkah baiknya langsung ke rumah sakit tanpa di tunda. Lalu apakah Manfaat Teknologi Untuk Kesehatan? Berikut ulasan nya. Baca juga : Keuntungan Teknologi Dalam Faktor Bisnis

Manfaat Teknologi Dalam Bidang Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat yang di hasilkan teknologi, khusus nya di bidang kesehatan. Beberapa nyawa berhasil di selamatkan dengan bantuan teknologi, serta medeteksi adanya masalah dalam tubuh kita. Teknologi juga berperan aktif dalam ilmu kesehatan, hampir semua rumah sakit sudah menggunakan teknologi.

Lalu apa saja sih manfaat teknologi dari segi kesehatan? Mari kita simak penjelasan lengkap nya berikut ini.

Manfaat Teknologi Dari Faktor Kesehatan

Adapun beberapa manfaat teknologi untuk kesehatan seperti Mendeteksi Masalah Kesehatan, Pengamatan Penyakit, Menampilkan Penyakit Lebih Detail, Analisa Dokter Via Online, Sistem Perpindahan Data Pasien, Menemukan Jenis Obat Yang Cocok, Mengetahui Riwayat Penyakit, Memfasilitasi Pasien Dengan Mudah, Mempercepat Proses Berobat, Menghindari Penularan, Memudahkan Pasien Menemukan Rumah Sakit. Baca juga : Manfaat Teknologi Dari Segi Perbankan

Mendeteksi Masalah Kesehatan

Dengan teknologi memudahkan para tenaga medis untuk memeriksa keluhan sang pasien dengan mendeteksi nya menggunakan alat medis, seperti stetoskop. Adapun alat lain nya untuk mengetahui pasien memiliki penyakit gizi buruk, diare, serta penyakit-penyakit lain nya.

Tidak hanya penyakit umum yang dapat di deteksi oleh alat medis teknologi, namun bisa juga untuk mendeteksi penyakit dalam misalnya perut, paru-paru, jantung.

graphicriver.net

Pengamatan Penyakit

Selanjutnya teknologi yang kini di gunakan oleh tenaga medis mampu mengamati pergerakan dari penyakit, seperti sudah masuk dalam tingkat ke berapa. Teknologi ini juga bagus untuk mengetahui penyakit dari awal serta langsung mengamati pergerakan si penyakit, contohnya saja virus.

Dengan di bantu alat teknologi bisa mengamati pergerak virus sudah sampai mana, apakah masih berada di daerah bawah atau sudah menjalar ke sekujur tubuh. Hal ini juga bagus untuk tindakan apa yang harus di lakukan oleh dokter agar pasien merasa nyaman dan sembuh.

Menampilkan Penyakit Lebih Detail

Dengan kemajuan alat teknologi medis, kini para dokter dapat mengetahui penyakit sampai detail. Dengan alat medis teknologi ini memudahkan sekali untuk para dokter dalam menemukan penyakit dan bisa langsung membuat analisa serta obat.

Artinya teknologi dengan kesehatan berjalan bebarengan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada nantinya, justru kini teknologi sudah membuat alat cek kesehatan hanya dengan hembusan nafas. Semakin canggih teknologi tersebut, justru semakin meningkatkan angka kesembuhan di dunia ini.

Analisa Dokter Via Online

Kini semakin banyak website atau aplikasi untuk konsultasi dengan dokter, cukup hanya bermodalkan internet saja. Kalian juga bisa mengajukan beberapa pertanyaan seputar keluhan yang di derita, nantinya dokter akan menjawab keluhan tersebut.

Jawaban dari dokter biasanya tidak langsung memberi obat, tetapi di lihat terlebih dahulu kenapa keluhan tersebut bisa muncul. Mungkin dari makanan atau pola hidup, baru nantinya dokter akan memberikan cara untuk mengatasi keluhan tersebut.

Tidak langsung obat biasanya, bisa kalian minta obat herbal untuk mengatasi keluhan nya. Apabila keluhan tidak kunjung sembuh, maka sistem dari aplikasi atau web kesehatan tersebut menyarankan kalian untuk segera berobat.

Sistem Perpindahan Data Pasien

Nah berikut nya ini yaitu pihak dari kesehatan akan dapat dengan mudah memindahkan data suatu pasien ke tempat lain. Contoh nya seperti ketika kita berobat di suatu rumah sakit, lalu rumah sakit tersebut tidak memumpuni dari segi alat. Maka akan ada surat rujukan untuk ke rumah sakit yang lebih besar yang pastinya mempunyai alat, simpelnya seperti itu.

Jadi ketika pasien rujukan dari rumah sakit sebelumnya datang, tidak perlu antre lagi untuk langsung di tangani oleh pihak medis. Karena data dari rumah sakit sebelumnya akan langsung mudah di transfer ke rumah sakit tujuan, guna untuk mengurangi pendaftaran berulang.

Menemukan Jenis Obat Yang Cocok

Berikutnya teknologi dalam bidang kesehatan yaitu mudah nya para dokter untuk menemukan beberapa obat yang cocok. Nantinya obat tersebut akan di berikan kepada pasien, jadi tidak perlu susah untuk pergi ke apotek.

Sistem rumah sakit juga sudah menggunakan teknologi seperti di marketplace, jadi para dokter nanti nya ketika memerlukan obat, entah obat minum, infusan, jarum infus dan sejenisnya dapat dengan mudah untuk cari. Dokter hanya perlu menuliskan nama obat atau apa yang di perlukan, lalu tinggal klik obat tersebut dan ok.

Maka hasil dari pilihan obat sang dokter akan langsung masuk ke server si apotek, nah pihak apotek bisa langsung menyiapkan. Kira-kira seperti itu contoh teknologi sistem dalam bidang kesehatan, sangat praktis untuk di gunakan.

Mengetahui Riwayat Penyakit

Selain sistem di atas, rumah sakit juga mempunyai sistem database. Yaitu untuk menyimpan data-data dari pasien yang pernah datang, data tersebut seperti identitas dan juga riwayat penyakit. Jadi pihak tenaga medis dapat dengan mudah menganalisis pasien dengan melihat riwayat penyakit nya tersebut, dengan begitu meringkan tugas dokter.

Selain itu teknologi ini juga sudah di kembang melalui Smart Card, yakni dengan kartu ini para tenaga medis bisa melihat riwayat penyakitnya. Teknologi ini sangat berguna sekali untuk tenaga medis, untuk langsung mengetahui pasien mempunyai penyakit apa saja.

Memfasilitasi Pasien Dengan Mudah

Teknologi berikutnya yang di gunakan oleh tenaga kesehatan yaitu sistem memangkas waktu tunggu pasien agar tidak terlalu ramai. Yakni dengan sistem janjian kepada sang dokter, dengan begitu waktu tunggu pasien tidak terlalu lama. Biasanya sistem ini sudah di gunakan pada rumah sakit yang cukup besar, dan kita juga bisa booking terlebih dahulu.

Mempercepat Proses Berobat

Para rumah sakit juga sudah mengunakan sistem FIFO ( First In First Out ) dalam menangani sebuah pasien, tetapi tidak berlaku apabila pasien yang datang dalam keadaan harus segera di tolong. Sistem fifo ini juga bagus di terapkan untuk mempercepat dan mendisiplikan antre. Apa jadinya apabila tidak ada sistem fifo, maka antrean akan menjadi kacau dan pasien akan menunggu lama.

Menghindari Penularan Penyakit

Untuk teknologi dalam bidang kesehatan yang terakhir yaitu mencegah tertularnya suatu penyakit. Penyakit sendiri bisa di tertular melalui apapun, dan orang tidak tahu apakah orang itu terkena suatu penyakit menular atau tidak.

Hadirnya teknologi berupa aplikasi seperti PeduliLindungi membuat kecemasan masyarakat akan tertularnya penyakit menjadi berkurang. Sebab aplikasi tersebut membuat orang yang terjangkit virus akan menampilkan indikator merah, yang berarti orang tersebut terkena virus.

Memudahkan Pasien Menemukan Rumah Sakit

Manfaat teknologi dalam bidang kesehatan yang terkahir yaitu mudah nya pasien untuk menemukan rumah sakit terdekat, teknologi ini sangat membantu. Apa jadinya apabila tidak ada teknologi ini, masyarakat yang sedang bepergian keluar daerah akan sangat susah menemukan orang sakit ketika di perlukan.

Penutup

Itu dia pembahasan mengenai Manfaat Teknologi Dalam Bidang Kesehatan yang sangat membantu sekali untuk penyembuhan pasien. Ada banyak sekali teknologi yang berguna untuk kesehatan, tetapi belum di sebutkan di pembahasan.

Semoga berkembang nya teknologi, membuat alat-alat yang lebih canggih lagi untuk membantu pasien. Dan meningkatkan angka kesembuhan di dunia ini, sehingga jumlah orang sakit akan menurun. Baca juga : Fungsi Teknologi Dalam Faktor Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *