BlogTeknologi

Manfaat Teknologi Dari Segi Perbankan

×

Manfaat Teknologi Dari Segi Perbankan

Sebarkan artikel ini
Manfaat Teknologi Dalam Bidang Perbankan

Manfaat Teknologi dalam Bidang Perbankan – Sebelum masuknya teknologi ke dalam perbankan, para nasabah merasa kurang praktis untuk melakukan transaksi. Misal harus antre untuk transfer, top up emoney, bahkan hanya sekedar cek saldo.

Maka dari itu teknologi masuk dalam faktor perbankan untuk memenuhi kebutuhan nasabah secara cepat dan praktis, sebab bank sudah mengalami perubahan dengan memanfaatkan teknologi yang ada untuk membuat nasabahnya merasa puas.

Saat ini kebutuhan masyarakat sudah mudah terpenuhi dengan adanya sistem digital pada perbankan, mulai dari M-Banking, E-Banking, dan ATM. Kini nasabah tidak perlu lagi antre untuk transfer atau sekedar cek saldo, hanya perlu internet dan m-banking saja.

Masuk nya teknologi dalam perbankan juga meningkatkan sistem keamanan dalam bertransaksi. Tidak hanya sistem keamanan, teknologi juga membantu meminimalisir kesalahan ketika menghitung jumlah uang yang masuk. Apa jadinya apabila teknologi tidak ada dalam perbankan, akan terjadi banyak sekali kekeliruan dalam bertansaksi.

Karena sumber daya manusia yang memiliki keterbatasan dalam banyak faktor, maka dari itu teknologi masuk untuk membantu menaikan produktivias.

Lantas apa sih teknologi yang dibuat oleh perbankan? Yuk simak penjelasan lengkap nya berikut ini. Baca juga : Keuntungan Teknologi Dalam Faktor Bisnis

Manfaat Teknologi Dalam Bidang Perbankan

Adapun beberapa manfaat teknologi dalam faktor perbankan, tetapi kita juga harus tahu beberapa kelemahan yang bisa saja terjadi menggunakan tekologi. Misal saja ketika database di retas oleh para peretas, maka semua informasi berupa identitas sampai pin pun bisa saja di ketahui. Akan tetapi sistem tersebut tidak mudah untuk di bobol tentunya, pihak perbankan sudah mengantisipasi hal tersebut.

Kalau tadi kita sudah sedikit tahu tentang kelemahan teknologi dalam perbankan, mari kita masuk ke pembahasan mengenai apa sih manfaat teknologi untuk perbankan? Dan seberapa fungsional teknologi tersebut. Berikut penjelasan mengenai Manfaat Teknologi Dalam Bidang Perbankan.

Teknologi Perbankan Yang Digunakan Sekarang

Teknologi yang kini digunakan oleh pihak bank bervariatif, mulai dari sistem keamanan, buka rekening online dan customer service. Ada beberapa teknologi yang kini mempermudah nasabah untuk cek saldo, top up, transaksi antar bank. Yaitu menggunakan m-banking yang nanti akan kita bahas setelah point ini, Berikut Teknologi Perbankan Yang Digunakan.

Sistem Keamanan

Manfaat pertama teknologi dalam perbankan yaitu keamanan, sisitem keamanan di sini mempunyai maksud merahasiakan informasi-informasi penting seperti identitas nasabah dan informasi yang lain nya. Sistem keamanan juga memiliki celah untuk di masuki oleh peretas, tetapi pihak perbankan sudah melindungi data tersebut dengan sistem keamanan yang berlapis.

Sistem keamanan tersebut meliputi Firewall, Biometric, Intrusion Prevention System dan tentunya dengan keamanan yang lain nya. Ini juga memiliki tujuan untuk menjaga data kita sehingga hanya orang tertentu saja yang bisa mengakses nya.

Dengan itu juga membuat nasabah merasa aman dari pencurian uang melalui atm, kartu kredit serta kejahatan cyber lain nya.

Buka Rekening Via Online

Sistem baru yang sudah di hadirkan oleh perbankan kini buka rekening tanpa perlu datang ke bank, cukup gunakan internet saja. Calon nasabah perlu menginstall aplikasi dari bank yang ingin di tuju, setelah itu lengkapi persyaratan dengan mengisi identitas asli kita.

Kemudian tunggu hingga pihak bank melakukan pengecekan dan verifikasi, karena kita tidak lagi datang ke bank maka verifikasi di lakukan menggunakan video call. Bertujuan untuk memastikan bahwa identitas yang kita isi benar adanya dan juga verifikasi wajah untuk lebih memastikan.

Setelah selesai semua nya, maka tidak langsung dapat kartu fisik. Kalian bisa datangi bank terdekat sesuai bank yang di buat untuk meminta kartu fisik, dengan begitu tidak perlu lagi antre. Teknologi online ini sangat efektif di gunakan bagi kalian yang tidak memiliki waktu banyak untuk antre, dengan begini cepat rasanya membuat rekening.

Customer Service

Mungkin di pikiran kalian customer service yaitu orang di balik layar yang selalu standby 24 jam untuk melayani kita apabila ada kenda, tetapi manfaat teknologi dalam bidang perbankan bisa mengubah cara tersebut menjadi lebih simpel.

Apabila nasabah memiliki masalah, bisa mengirimkan pesan ke custumer service. Maka teknologi chat bot akan langsung merespon apa masalanya, jadi kita tidak perlu lagi menunggu pihak bank membalas. Mungkin dengan chat bot tersebut, masalah sudah selesai dengan di bantu oleh teknologi tersebut.

Apabila masalah tidak kunjung selesai, maka pihak bot chat akan mengirimkan permintaan ke orang di balik layar untuk terhubung dengan nasabah. Kira-kira seperti itu cara kerja customer service bot chat, hampir semua pihak bank sudah menggunakan teknologi ini.

Jenis Teknologi Dalam Bidang Perbankan

Semua bank entah bank konvensional atau syariah sudah memiliki teknologi sendiri untuk membantu nasabah nya agar lebih mudah di gunakan. Dengan teknologi tersebut bisa di gunakan untuk cek saldo, top up e-money atau sekedar cek saldo.

Bagi kalian yang masih belum tahu teknologi apa yang di gunakan oleh pihak perbankan, bisa simak penjelasan singkat berikut ini.

Mesin ATM

Teknologi yang pertama yaitu Automated Teller Machine ( ATM ), teknologi yang sudah kerap di telinga masyarakat merupakan e-banking yang mudah di gunakan. Tidak hanya mudah di gunakan, atm bisa kita jumpai di seluruh wilayah. Mulai dari pelosok sampai kota-kota besar pun ada jenis atm dan juga pengoprasian nya sangat bisa di pahami.

ATM sendiri bisa di gunakan untuk transaksi, tarik tunai, setor tunai, top up e-money dan beberapa menu lain nya. Semakin hari atm selalu di kembangkan mulai dari fitur sampai beberapa metode pembayaran, kini mesin-mesin atm sudah bisa di gunakan untuk membayar beberapa tagihan seperti listri, air, bahkan internet.

Untuk mengakses setiap mesin atm juga di perlukan kartu fisik setiap bank, lalu pin untuk mengakses seluruh fitur atm. Oh iya teknologi ini juga sudah bisa tarik tunai tanpa harus menggunakan kartu fisik loh, bisa menggunakan cardless. Akan tetapi harus sudah terdaftar m-banking, bagi yang belum tahu apa itu m-banking bisa simak penjelasan selanjutnya ya.

Mobile Banking (M-Banking)

Mobile Banking adalah sistem teknologi berbasis aplikasi yang bisa di download secara gratis melalui AppStore / Playstore, untuk mengakses nya juga tidak hanya mengunduhnya saja. Adapun beberapa langkah yang harus di lakukan, seperti memasukan nomor unik yang berada di belakang kartu fisik, mengirim sms untuk mengaktifkan m-banking. Lalu membuat password login dan pin yang berbeda dengan pin ATM, barulah bisa mengakses beberapa fitur tersebut.

Untuk mengaktifkan teknologi ini di perlukan internet yang memiliki kuota, fitur di dalam nya juga sangat beragam. Mulai dari cek saldo, mutasi, transfer antar rekening maupun bank, tarik tunai tanpa kartu pun bisa di lakukan melalui mobile banking.

Internet Banking (E-Banking)

Internet Banking berbeda dengan e-banking yang harus download aplikasi terlebih dahulu, kalau internet banking hanya perlu di akses melalui browser saja. Pada fitur ini juga tidak berbeda jauh dari sebelumnya, dengan akses yang mudah.

Untuk mengakses nya hanya perlu kunjungi website resmi dari setiap bank, lalu login menggunakan username dan password serta kode otp. Akses nya pun sangat mudah sekali dan tidak perlu pulsa seperti hal nya mobile banking.

Penutup

Sebenarnya ada satu lagi yaitu sms banking, sama saja seperti yang sebelumnya hanya saja kini sms tersebut sudah jarang sekali di gunakan. Mungkin di gunakan hanya untuk mendaftar mobile banking, sms ini lanjutan dari phone banking sebenarnya.

Kira-kira seperti itu pembahasan mengenai Manfaat Teknologi dalam Bidang Perbankan, ada banyak sekali manfaat yang di dapat dari teknologi ke dalam perbankan. Bahkan ada yang mempermudah nasabah untuk bertransaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *